cover
Contact Name
Zulkarnain
Contact Email
dzul9787@gmail.com
Phone
+6287832631987
Journal Mail Official
orbita.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
ISSN : 24609587     EISSN : 26147017     DOI : https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10197
Core Subject : Science, Education,
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika invites and welcomes the submission of advanced research and review papers, innovations and developed selected conference papers that have never been previously publicized. This journal provides publications and a forum to the academics, scholars and advanced level students for exchanging significant information and productive ideas associated with all these disciplines. The relevant topics of the latest progressive findings or developments will be taken seriously into consideration, the topics covered by the journals include: Physics Education : Physics learning innovation; Physics learning methods, models, and approaches; Physics learning media; ICT in Physics learning; Physics learning evaluation and assesment; Etnophysics. Ecophysics Applied Physics : Theoretical and computational physics; Instrumentation physics; Geophysics; Material Physics; Biophysics and Medical Physics.
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023): Mei" : 26 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEFA (TEACHING FACTORY ) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK Samsul Pahmi; Chairul Hudaya; Ahmad Jaya
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.11718

Abstract

ABSTRAKPenelitian mengenai penerapan model pembelajaran Teaching Factory (TeFa)  dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Pembelajaran fisika di sekolah masih menggunakan metode konvensional yang cenderung berpusat pada guru. Pengelolaan KIT di sekolah yang kurang optimal juga menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi penelitian ini. Melalui penerapan model pembelajaran Teaching Factory ini, diharapkan pembelajaran fisika dapat lebih melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, juga dapat menjadi alternatif solusi untuk masalah rendahnya optimalisasi KIT yang ada di sekolah. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran fisika, juga dapat mencapai tujuan pembelajaran fisika yang meliputi hasil belajar meningkat baik pada Domain proses, Domain kreativitas dan Domain sikap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-DKV sebanyak 31 siswa sebagai kelas Eksperimen dan X-DPIB sebagai kelas Kontrol sebanyak 30 siswa di salah satu SMK Negeri 1 Buer di kabupaten Sumbawa semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 . Peningkatan hasil belajar siswa pada domain pengetahuan/knowledge domain diketahui dengan menghitung skor pretes dan postes. Perolehan rata-rata N-gain Score untuk pengetahuan adalah sebesar 64,36 % dengan kategori Cukup Efektif. Sedangkan profil hasil belajar siswa pada domain proses sains/process of science domain dengan rata-rata IPK sebesar 77,26 % dengan kategori terampil, profil hasil belajar pada domain kreativitas/creativity domain dengan rata-rata IPK sebesar 81,44 % dengan kategori terampil, dan profil hasil belajar pada domain sikap/attitudinal domain dengan rata-rata IPK sebesar 81,67 % dengan kategori baik.. Kata kunci: materi energy dan perubahan; model pembelajaran Teaching Factory. ABSTRACTThe research on the application of the Teaching Factory (TeFa) learning model in physics learning to improve student learning outcomes is motivated by the low student learning outcomes in physics subjects.Physics learning in schools still uses conventional methods that tend to be teacher-centered. The management of KIT in schools that is less than optimal is also one of the factors behind this research. Through the application of the Teaching Factory learning model, it is hoped that physics learning can involve students more actively in learning, and can also be an alternative solution to the problem of the low optimization of KIT in schools. So that in the end it can improve student learning outcomes in physics lessons, can also achieve physics learning goals which include increased learning outcomes both in the process domain, creativity domain and attitude domain. The research method used is a quasi-experimental method with a research design of One Group Pretest-Posttest Design.The subjects of this study were 31 students in class X-DKV as Experiment class and X-DPIB as control class as many as 30 students at one Buer State Vocational School in Sumbawa district in the odd semester of the 2022/2023 academic year. The increase in student learning outcomes in the knowledge domain is known by calculating the pretest and posttest scores. The average N-gain score for knowledge is 64.36% with the category of Quite Effective. While the profile of student learning outcomes in the domain of the process of science / process of science domain with an average GPA of 77.26% in the skilled category, the profile of learning outcomes in the domain of creativity / creativity domain with an average GPA of 81.44% in the skilled category , and the profile of learning outcomes in the attitude domain/attitudinal domain with an average GPA of 81.67 % with a good category. Keywords: energy and change material; Teaching Factory learning model.
RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPY PIE POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI SMA Yuliyantika Yuliyantika; Alex Harijanto; Maryani Maryani
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.13880

Abstract

ABSTRAKTeknologi informasi yang semakin canggih berpengaruh pada dunia pendidikan dan pembelajaran di Indonesia. Perkembangan alat komunikasi yang banyak digunakan adalah smartphone. Media pembelajaran berbasis android merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang kompatibel dengan smartohone yang dapat digunakan oleh guru. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang dapat digunakan kapan saja dan dari mana saja, media pembekajaran berbasis android dapat dikemas secanggih mungkin. Dalam merancang media pembelajaran berbasis android harus mampunyai dasar- dasar programing (coding). Namun saat ini banyak sekali website yang menawarkan software untuk membuat media pembelajaran berbasis android tanpa coding, salah satunya appy pie. Tujuan penelitian ini untuk merancang media pembelajaran berbasis android menggunakan appy pie pokok bahasan gerak lurus siswa kelas XI SMA, dan respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode  MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk merancang media pembelajaran. Hasil rancangan media pembelajaran dalam bentuk apk (aplikasi). Hasil penelitian respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android materi gerak lurus mendapatkan presentase rata- rata 81,5% dalam kategori sangat baik, dan hasil respon guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis android mendapatkan presentase 86% dalam kategori sangat baik.  Kata kunci: media pembelajaran; android; MDLC; gerak lurus. ABSTRACTIncreasingly sophisticated information technology affects the world of education and learning in Indonesia. The development of communication tools that are widely used is smartphones. Android-based learning media is one type of learning media that is compatible with smartphones that can be used by teachers. To make it easier for students to understand material that can be used anytime and from anywhere, android-based learning media can be packaged as sophisticated as possible. In designing android-based learning media must have the basics of programming (coding). However, currently there are many websites that offer software to create android-based learning media without coding, one of which is appy pie. The purpose of this study was to design android-based learning media using appy pie on the subject of straight motion for class XI high school students, and student and teacher responses to android-based learning media. This research uses the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method to design learning media. The results of the learning media design in the form of apk (application). The results of student response research on android-based learning media for straight motion material get an average percentage of 81.5% in the very good category, and the results of the teacher's response to the use of android-based learning media get a percentage of 86% in the very good category. Keywords: learning media; android; MDLC; straight motion
PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS SENSOR ULTRASONIK BERBANTUAN APLIKASI DELPHI Raka Panji Satria; Via Monica Devi
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.14621

Abstract

ABSTRAKPada dasarnya praktikum fisika dapat menggunakan berbagai macam media. Praktikum fisika bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami konsep materi yang dipelajarinya. Adapun alat praktikum yang digunakan juga perlu didukung dengan kebutuhan peserta ddik serta zaman yang berkembang saat ini. Sehingga pendidik perlu berinovasi untuk dapat mengembangkan alat praktikum fisika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, yang dimana dapat dikembangkan alat praktikum fisika dengan software Delphi yang berbasis sensor ultrasonik. Pengembangan alat dilakukan dengan tujuan agar peserta didik lebih mudah memahami konsep GLBB khususnya bentuk grafik dari pergerakan benda pada bidang tertentu, dalam hal ini adalah bidang miring. Dimana Delphi yang digunakan bertujuan menampilkan olah grafik hasil percobaan sedangkan sensor ultrasonik berfungsi untuk menangkap jarak dan kecepatan benda pada lintasan. Adapun berdasarkan hasil percobaan didapatkan bahwa, alat yang dikembangkan ini telah sesuai dengan konsep GLBB yang dimana jarak benda akan bertambah seiring dengan bertambahnya waktu, begitu pula dengan kecepatan benda. Kata kunci: alat praktikum; sensor ultrasonik; aplikasi delphi ABSTRACTBasically, physics laboratory can use various media. Physics laboratory aims to facilitate students in understanding the material concepts they learn. The laboratory equipment used also needs to be supported by the needs of students and the current era. Therefore, educators need to innovate to develop physics laboratory equipment. One of the efforts that can be done is by utilizing the current technological advancements, where physics laboratory equipment can be developed with Delphi software based on ultrasonic sensors. The development of this equipment is intended to make it easier for students to understand the concept of uniformly accelerated linear motion, especially the graphical representation of object movement on a particular plane, in this case, a tilted plane. Delphi is used to display the experimental result graphics while the ultrasonic sensor is used to capture the distance and speed of objects on the trajectory. Based on the experimental results, it is found that this developed equipment is in accordance with the concept of uniformly accelerated linear motion where the distance of the object will increase as time passes, as well as the object's speed. Keywords: practicum tools; ultrasonic sensors; delphi applications
ANALISIS pH DAN MASSA JENIS IKAN KEMBUNG SETELAH DI PAPAR MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) Wiji Rahayu; Sudarti Sudarti; Singgih Bektiarso
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.14127

Abstract

ABSTRAKIkan kembung adalah ikan pelagis kecil yang mengandung kadar air cukup tinggi sehingga cepat mengalami pembusukan. Kandungan air yang tinggi pada ikan mengakibatkan bakteri pathogen berkembang biak dengan baik. Konsekuensinya, diperlukan teknologi alternatif untuk meningkatkan daya tahan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pH dan massa jenis ikan kembung oleh pengaruh paparan medan magnet Extremely Low Frequency (ELF). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Rancang Acak Lengkap (RAL). Dalam penelitian terdapat 50 sampel ikan kembung yang dibagi menjadi kelompok kontrol berarti tidak diberi paparan medan magnet ELF dan kelompok eksperimen diberi paparan medan magnet ELF intensitas 700 µT dan1200 µT dengan lama paparan 60 menit dan 120 menit. Pengukuran nilai pH dan massa jenis ikan kembung dilakukan pada jam ke-8 dan jam ke-20 setelah dipapar oleh medan magnet ELF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua kelompok yang diberi paparan medan magnet ELF dapat menahan atau memperlambat pembusukan ikan kembung hingga jam ke-20 penyimpanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah paparan medan magnet ELF dengan intensitas 1200 µT selama 120 menit berpotensi menjaga nilai pH dan massa jenis ikan kembung. Kata kunci: medan magnet ELF; ikan kembung; pH; massa jenis. ABSTRACTMackerel is a small pelagic fish whose water content is high enough to decompose easily. The high air content in fish causes pathogenic bacteria to multiply well. Consequently, alternatives are needed to increase fish endurance. This study aims to analyze the pH and density of mackerel under the influence of Extremely Low Frequency (ELF) magnetic field exposure. This type of research is experimental research using a completely randomized design (CRD). In this study there were 50 samples of mackerel which were divided into a control group, meaning no exposure to the ELF magnetic field and the experimental group was exposed to an ELF magnetic field intensity of 700 µT and 1200 µT with an exposure time of 60 minutes and 120 minutes. Measurement of the pH value and density of mackerel was carried out at the 8th and 20th hours after being exposed to the ELF magnetic field. The results showed that all groups exposed to the ELF magnetic field could restrain or slow down the spoilage of mackerel until the 20th hour of storage. The conclusion of this study is that exposure to the ELF magnetic field with an intensity of 1200 µT for 120 minutes has the potential to maintain the pH value and density of mackerel. Keywords: ELF magnetic field; mackerel fish; pH; density.
KOMPARASI KEMAMPUAN MENJAWAB PERTANYAAN SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN STAD Andrian Andrian; Desnita Desnita
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.14722

Abstract

ABSTRAKHal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran adalah cara guru mengajar atau menyampaikan pelajaran dengan tujuan menarik perhatian siswa. Untuk menarik perhatian siswa, guru dituntut untuk mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi untuk mengaktifkan siswa dalam belajar. Kenyataan di lapangan, model pembelajaran yang digunakan guru masih secara konvensional, dimana pembelajaran berpusat pada guru yang membuat kemampuan menjawab pertanyaan siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan siswa. Solusi yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran NHT dan STAD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah randomize posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan nilai rata-rata pada kelas NHT 78 lebih tinggi dari kelas STAD 71,9. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,24 dan ttabel = 1,672. Pada penelitian ini thitung lebih besar dari ttabel yaitu (2,24 > 1,672). Oleh karena itu H1 diterima dan H0 ditolak artinya ada perbedaan peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan siswa kelas XI MIA SMAN 2 Koto XI Tarusan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan STAD. Kata kunci: kemampuan menjawab pertanyaan; NHT; STAD ABSTRACTThings that need to be considered in the learning process is the way the teacher teaches or delivers lessons with the aim of attracting students' attention. To attract students' attention, teachers are required to be able to choose and apply various learning methods to activate students in learning. The reality on the ground, the learning model used by teachers is still conventional, where teacher-centered learning makes students' ability to answer questions low. This study aims to determine differences in the increase in the ability to answer students' questions. The solution that can be done is to apply the NHT and STAD learning models. This type of research is experimental research. The research design used was a randomized posttest only control group design. The population of this research is class XI MIA students. The data analysis technique used is descriptive analysis, normality test, homogeneity test, and hypothesis testing at the 0.05 significance level. Based on the results of research data analysis, it was found that the average value in the NHT 78 class was higher than the STAD 71.9 class. The results of testing the hypothesis obtained tcount = 2.24 and ttable = 1.672. In this study, tcount is greater than ttable, namely (2.24 > 1.672). Therefore H1 is accepted and H0 is rejected, meaning that there is a difference in the increase in the ability to answer questions of class XI MIA students at SMAN 2 Koto XI Tarusan using the NHT and STAD learning models. Keywords: ability to answer questions; NHT; STAD
PENGGUNAAN SIMULASI PHET DAN E-EVALUATION BERBASIS HOT-POTATOES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EFEK FOTOLISTRIK DAN MINAT BELAJAR CALON GURU FISIKA Egidius Dewa; Oktavianus Ama Ki`i; Rosenti Pasaribu
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.14787

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar mahasiswa calon guru fisika setelah menggunakan simulasi PhET dan e-evaluation berbasis Hot Potatoes pada materi efek fotolistrik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, instrumen yang digunakan berupa soal tes pemahaman konsep dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep pada pre test sebesar 47%  dengan kategori sedang dan post test sebesar 82% dengan kategori sangat tinggi. Nilai N-Gain pemahaman konsep mahasiswa calon guru fisika sebesar 0,66 dengan kategori sedang sedangkan rata-rata minat belajar mahasiswa calon guru fisika sebesar 83% dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan simulasi PhET dan e-evaluation berbasis Hot-Potatoes dalam pembelajaran fisika modern sub bab efek fotolistrik berkontribusi pada peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar yang tinggi dari mahasiswa calon guru fisika. Kata kunci: simulasi PhET; hot potatoes; efek fotolistrik; pemahaman konsep; minat. ABSTRACTThis study aims to determine the improvement of concept understanding and learning interest of prospective physics teacher students after using PhET simulation and e-evaluation based on Hot Potatoes on photoelectric effect material. This study used a One-Group Pretest-Posttest Design research design, the instruments used were concept understanding test questions and learning interest questionnaires. The results showed that the average understanding of concepts in the pre-test was 47% with a moderate category and the post-test was 82% with a very high category. The N-Gain value of conceptual understanding of prospective physics teacher students is 0.66 with a moderate category. In contrast, the average learning interest of prospective students is 83% with a very high category. The results showed that the use of PhET simulation and e-evaluation based on Hot-Potatoes in learning modern physics of photoelectric effect sub-chapter contributed to the improvement of concept understanding and high learning interest of prospective physics teacher students. Keywords: PhET simulation; hot potatoes; photoelectric effects; concept understanding; interests.
STUDI MINERAL MAGNETIK TANAH TPA ANTANG MAKASSAR BERDASARKAN DATA SUSEPTIBILITAS MAGNETIK Anastacya Boroallo; Vistarani Arini Tiwow; Sulistiawaty Sulistiawaty
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.11663

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian untuk mengetahui nilai suseptibilitas magnetik pada tanah di TPA Antang Makassar berdasarkan sebaran. Suseptibilitas magnetik diukur menggunakanbartington MS2 Magnetic susceptibility meter dengan sensor MS2B yang bekerja pada dua frekuensi. Pengukuran suseptibilitas magnetik dilakukan dengan mengambil  sampel pada 30 titik dengan jarak yang tidak ditentukan atau secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai suseptibilitas magnetik di TPA Antang  Makassar bervariasi dengan rentang 1,442 m3/kg hingga 33,523  m3/kg dan suseptibilitas magnetik bergantung frekuensi  berada pada rentangan 2,32% hingga 6,51% rentangan nilai suseptibilitas magnetik tersebut mengindikasikan sampel mengandung mineral magnetik yang bersifat antiferomagnetik dan paramagnetik. Dimana domain magnetik pada sampel tanah TPA yaitu superparamagnetik (SP) dan stable single domain (SSD). Kata kunci: tanah; suseptibilitas magnetik; mineral magnetik;TPA. ABSTRACTResearch has been carried out to determine the value of magnetic susceptibility on soil at TPA Antang Makassar based on distribution. Magnetic susceptibility was measured using a bartington MS2 Magnetic susceptibility meter with an MS2B sensor that works on two frequencies. Magnetic susceptibility measurements were carried out by taking samples at 30 points with an undetermined distance or randomly. The results showed that the magnetic susceptibility values in Antang TPA Makassar varied with the range of 1.442m3/kg to 33.523 m3/kg and the frequency-dependent magnetic susceptibility was in the range of 2.32% to 6.51%. The range of magnetic susceptibility values indicated that the sample contained magnetic minerals. which are antiferromagnetic and paramagnetic.The magnetic domains in the soil samples are superparamagnetic (SP) and stable single domain (SSD). Keywords: soil; magnetic susceptibility; magnetic minerals; landfill
PENGEMBANGAN MODUL AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DALAM KERANGKA KURIKULUM MERDEKA Sintayana Muhardini; Haifaturrahmah Haifaturrahmah; Raden Sudarwo; Baiq Sarlita Kartiani; Khaerul Anam; Mahsup Mahsup; Khosiah Khosiah; Ibrahim Ibrahim; Agus Herianto; Johri Sabaryati; Arpan Islami Bilal; Linda Ayu Darmurtika; Baiq Yuliatin Ihsani; Rahmat Sulhan Hardi
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.14742

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV berdasarkan kategori valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D dengan empat tahapan yaitu Define, Design, Development, Dissemination. Analisis dalam penelitian yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian bahwa hasil kevalidan dari ahli materi dengan persentase 88% dengan kategori sangat valid, kevalidan yang didapatkan dari ahli perangkat pembelajaran yaitu modul ajar dengan persentase 85% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil respon siswa dengan persentase 96% dengan dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data keefektifan dengan rata-rata nilai posttest 93,33% yang menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Kata kunci: modul ajar; IPAS; kurikulum merdeka ABSTRACTThis study aims to produce teaching materials for Natural and Social Sciences (IPAS) for Grade IV Elementary School Students based on valid, practical and effective categories. The research method used in this study is a 4D model with four stages, namely Define, Design, Development, Dissemination. Analysis in research is qualitative and quantitative analysis. The results of the study showed that the validity results of material experts with a percentage of 88% with a very valid category, the validity obtained from learning device experts, namely Modul Ajar with a percentage of 85% with a very valid category. The results of the practicality test obtained from the results of student responses with a percentage of 96% with a very practical category. The results of the analysis of effectiveness data with an average posttest score of 93.33% showed that there was an increase after using the Learning Tools Based on independent learning. Keywords: teaching module; IPAS; independent curriculum
ANALISIS KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KAUSALITIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS PESERTA DIDIK Yudia Nikmatul Warodiah; Joni Rokhmat; Muhammad Zuhdi; Syahrial Ayub; Kosim Kosim; Rangga Alif Faresta
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.13659

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran model kausalitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif momentum dan impuls peserta didik. Analisis kepraktisan dan keefektifan Perangkat pembelajaran model kausalitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif momentum dan impuls peserta didik yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKPD, tugas pendahuluan, dan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif (KBK). Pengumpulan data dilakukan melalui validasi dengan menggunakan instrument peneltian berupa angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta uji coba terbatas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Narmada mulai pada tangal 7 oktober smpai tanggal 24 Oktober 2020. Hasil respon dari peserta didik memperoleh nilai > 80% dengan kriteria baik, dan rerata keterlaksanaan pembelajaran untuk tiga kali pertemuan yaitu 3,6 dengan kriteria sangat baik. Hasil perhitungan N-gain kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu 0,43 yang tergolong kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model kausalitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif momentum dan impuls peserta didik dapat dikatakanuntuk  praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: perangkat pembelajaran; model pembelajaran kausalitik; praktis dan efektif  ABSTRACTThis research aims to determine the practicality and effectiveness of the causal learning model as a tool to improve creative thinking skills in students regarding momentum and impulse. The analysis of the practicality and effectiveness of the causal learning model tool was developed including syllabus, lesson plans, introductory tasks, and a creative thinking ability (KBK) test instrument. Data was collected through validation using student response questionnaires, observation sheets of the implementation of learning, and limited testing. The research was conducted at SMAN 1 Narmada from October 7 to October 24, 2020. The response from students received a score of >80% with the criteria of being good, and the average implementation of learning for three meetings was 3.6 with the criteria of being very good. The N-Gain calculation result of the students' creative thinking ability was 0.43, which is considered to be average. Based on these results, it can be concluded that the causal learning model tool for improving creative thinking skills in students regarding momentum and impulse is practical and effective to use in learning. Keywords: learning tool; causal learning model; practical and effective
PEMBUATAN MODEL E-MODUL PROBLEM SOLVING BERBASIS ANDROID PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA Sarwita Berasa; Desnita Desnita
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 9, No 1 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v9i1.14124

Abstract

ABSTRAKSalah satu materi fisika yang dianggap menantang oleh siswa adalah materi fluida statis. Hal ini berdasarkan hasil survei terhadap 100 siswa kelas XI dari tiga SMA di Padang. Paradigma pemecahan masalah mendorong siswa untuk menemukan solusinya sendiri dan merupakan model berbasis masalah. Studi ini merupakan studi pengembangan 4D, meskipun hanya mencakup tiga tahap pertama: mendefinisikan, mendesain, dan mengembangkan. Tiga validator, dua instruktur fisika, dan 28 siswa kelas XI SMA menjadi peserta penelitian. Meskipun item tersebut adalah model e-modul berbasis Android untuk penyelesaian masalah. Rumus Aiken V digunakan untuk mengolah data validitas, kepraktisan data penelitian yang merupakan data primer yang berasal dari ketelitian angka. Berdasarkan temuan pretest-posttest siswa dan pilihan skor interpretasi, data kemudian dinilai secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki nilai validitas 0,86 memenuhi kriteria sangat valid, nilai kepraktisan 86,45% dari guru, nilai kepraktisan sangat 88,4% dari siswa, dan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pretest dan posttest sebesar 82,14%, membuat e-modul efektif. Ditentukan bahwa model e-modul penyelesaian masalah fluida statis untuk siswa kelas XI SMA yang dibuat sangat valid, sangat berguna, dan efisien. Kata kunci: e-modul; model problem solving; android; fluida statis; 4D models ABSTRACTOne of the physics topics that students find challenging is static fluid material. This is based on survey findings from 100 students in class XI from three high schools in Padang. The problem-solving paradigm encourages pupils to find solutions on their own and is a problem-based model. This study is a 4D development study, although it only covers the first three stages: define, design, and develop. Three validators, two physics instructors, and 28 high school class XI students made up the research participants. Although the item is an Android-based e-module model for issue resolution. The Aiken V formula is used to process the practicality of the research data, which is primary data derived from the accuracy of the figures. Based on the findings of the students' pretest-posttest and a selection of interpretation scores, the data was then descriptively and qualitatively assessed. The study's findings showed that the developed product had a validity value of 0.86, meeting very valid criteria, a practicality value of 86.45% from teachers, a very practicality score of 88.4% from students, and an increase in the completeness of students' results between the pretest and posttest of 82.14%, making the e-module effective. It was determined that the static fluid problem-solving e-module model for high school class XI pupils that was created was extremely valid, extremely useful, and efficient. Keywords: e-module; model problem solving; android; static fluid; 4D models

Page 1 of 3 | Total Record : 26